Rabu, 25 Februari 2009

Affiliate Program

Kalo Anda pernah njualin HP bekas punya teman trus dikasih komisi (atau malah nyatut , barangkali topic ini akan mudah dimengerti. Affiliate Program adalah cara menghasilkan uang lewat internet dengan menjual jasa atau produk. Baik produk sendiri atau produk orang.

Affiliate program bisa menjadi sarana untuk cari uang di internet. Jika Anda tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual, maka Anda bisa membantu orang lain untuk menjualkan dagangannya. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Penjual - atau kita sebut saja merchant - menjual produknya dengan menggunakan affiliate system pada websitenya. Yaitu sebuah sistem yang mengijinkan setiap orang mendaftar dan mendapatkan sebuah link. Link ini disebut affiliate link atau referral link. Gunanya adalah untuk mendeteksi datangnya arus pengunjung hasil referensi anggota affiliate program.

Contoh:
Merchant bernama www.gak-punya-nama.com yang menjual peralatan pancing menjalankan affiliate program. Karena kebetulan Anda hobi memancing, Anda mendaftar untuk menjadi sales online atau kita sebut saja affiliate.

Maka setelah Anda mendapatkan login info dan masuk ke member area, Anda bisa mengambil link Anda yang disediakan pada member area Anda. Affiliate link biasanya berupa URL unik yang kurang lebih berbentuk seperti,

http://www.gak-punya-nama.com/?ref=thukul

Maka, ketika seorang pengunjung masuk ke situs merchant lewat link itu, Anda akan tercatat sebagai pemberi referensi. Jika si pengunjung tersebut membeli produk merchanr, Anda akan mendapat komisi.

Katakanlah, sebuah alat pancing harganya Rp. 1 Juta dengan komisi affiliate 10%. Berarti untuk 1 penjualan yang berhasil Anda akan mendapat uang komisi sebesar Rp. 100.000,- per sale. Jika Anda bisa mereferensikan 1000 pengunjung sebulan dan 10% dari mereka membeli, penghasilan Anda bisa mencapai .... itung sendiri deh



Sebagai affiliate, tugas Anda selanjutnya adalah mempromosikan link Anda untuk mencari pengunjung sebanyak mungkin. Semakin banyak Anda mereferensikan kunjungan, maka potensi penghasilan Anda juga semakin besar.

Dibayar beneran ngga yah..?

Affiliate Merchant yang sudah berjalan bertahun-tahun dan reputasinya cukup baik kayaknya tidak perlu diragukan. Namun sebagai peringatan dini, ada juga orang-orang berniat jahat, dan banyak kok yang benar-benar serius menjalankan bisnis online. Jadi kalau bicara soal penipuan, di pasar pun Anda juga bisa ketipu kan?

Merchant yang baik akan memberikan fasilitas lengkap kepada para affiliate seperti laporan statistik hasil kunjungan/traffic yang dihasilkan dari affiliate link, penjualan, tools promosi (banner dan sebagainya), dan tentu saja suport yang baik.

bersambung ...


Sumber Bacaan Lain: Blog Sebagai Tempat cari Uang








1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya kawan, tulisan yang sangat bermanfaat, ini Kali pertama saya mengunjungi blog ini, izinkan saya tuk menjelajahi dan menelusuri setiap postingan yang ada dan menitipkan link sebagai penanda agar pemilik blog ini selalu mengingat bahwa Saya adalah pengunjung setia dan berharap bahwa suatu saat pemillik blog ini sudi mengunjungi balik ke blog Saya dan menaruh komentarnya. Berhubung Blog Saya berbahasa Ingris, diharap mengisikan komentar menggunakan B Inggris. thanks by Sinjay School

    BalasHapus