Jumat, 20 Februari 2009

Blogger Sejati

Blogging atau menulis dan mem-postingnya ke dalam blog menjadi keasyikan tersendiri bagi netter yang senang berbuat baik. Yaitu berbagi pengetahuan yang bermanfaat melalui internet. Tidak menuntut skill pemrograman untuk hobi yang satu ini. Jika Anda bisa ngetik pakai komputer saja, Anda sudah bisa menjadi seorang blogger yang terkenal karena artikelnya bermanfaat bagi orang banyak.

Blogging yang bermanfaat

Apa yang mau ditulis?
Saya kira, pastilah ada sesuatu yang Anda miliki dan orang lain tidak. Orang mengingikan informasi dari internet dengan mengunjungi sebuah website atau blog. Maka akan menjadi bernilai jika Anda mampu memberi sesuatu untuk siapa saja yang membutuhkannya. Entah itu ilmu, informasi, atau bahkan barang kesayangan Anda.

Dengan memberi banyak manfaat kepada banyak orang, kita juga akan mendapat banyak manfaat. Kebaikan tentu akan memberi imbal balik yang kadang di luar dugaan. Seperti misalnya, Anda suka menulis apa saja yang Anda tau tentang komputer, kemudian Anda posting semuannya ke dalam blog Anda, dan banyak pendatang baru yang memanfaatkan ilmu gratis dari blog Anda, sehingga blog Anda menghasilkan banyak kunjungan. Dengan memiliki banyak pengunjung, blog Anda akan menjadi lebih dari sekedar blog. Melainkan sudah menjadi media online untuk mendapatkan keuntungan lain yang berupa materi ( seperti menjual ruang untuk iklan misalnya ).

Hambatan dalam menulis

Jujur saja, ini saya alami dulu. Mungkin juga banyak bogger pemula yang mengalami hal sama. Yaitu tidak percaya diri. Keadaan itu sering diperparah dengan alasan tidak punya waktu, kadang juga ditambah dengan alasan sudah banyak yang nulis. Sehingga, apa yang seharusnya bisa Anda tunjukan pada dunia menjadi tenggelam bersama perasaan tidak mampu yang kronis.

Era kebebasan menuangkan pikiran seharusnya tidak lagi menjadi hambatan bagi blogger untuk menyajikan informasi berguna. Saya yakin, ada saja orang yang di bawah saya dan di atas saya. Jika seorang pakar IT membaca tulisan saya, di antaranya pasti ada yang bersifat keguruan dan tergoda untuk berusaha membangun potensi saya dengan mengkritik dan memberi saran. Jika seorang gaptek membaca tulisan saya dan merasa mendapat pengetahuan baru, saya akan menjadi pakar atas dirinya.

Gaptek ataupun pakar tidak penting. Saya sendiri tidak merasa menjadi pakar, namun tidak juga merasa minder. Dan ketika akan menulis, perintah otomatis yang datang adalah "tulis saja" tidak peduli nantinya akan dibaca atau tidak, bagus atau tidak, memalukan atau tidak.

Menjadi blogger sejati

Menjadi blogger yang mampu memberi banyak manfaat pada dunia tentu dunia akan memberi feedback berupa manfaat pula. Contoh concrete-nya adalah Blogger Indonesia yang membagi pengetahuan gratis dan meraih banyak pembaca. Kunjungan website akan sangat bernilai ekonomis. Dengan demikian berbagai peluang muncul ketika arus pengunjung terus tumbuh.

Dan kalau sudah menjadi populer dikenal banyak orang, seorang blogger yang banyak berbagi layak menyandang sebutan sebagai selebriti internet.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar