Kamis, 26 Februari 2009

Arti SEO

tips dan trik seoSearch Engine Optimization - SEO, yaitu Pengaturan Halaman Website untuk Search Engine. Sederhananya, seo adalah cara untuk membuat halaman-halaman website mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kebanyakan pengguna internet akan menggunakan mesin pencari untuk menemukan halaman website yang mengandung informasi yang diinginkan. Halaman-halaman yang ditemukan dan disajikan pada Page Result merupakan halaman dari situs-situs yang telah masuk ke dalam index Search Engine.

Keuntungannya memiliki halaman web yang mudah ditemukan mesin pencari adalah mendapatkan traffic - arus pengunjung gratis, tanpa harus membayar periklanan internet. Sedang keuntungan memiliki banyak traffic tentu saja akan membuat website mudah menghasilkan uang.

Siapa yang membutuhkan SEO?

Kalau Anda membuat blog dan tidak berharap blog Anda dibaca orang lain, Anda sama sekali tidak membutuhkan SEO. Atau website berita yang disajikan oleh perusahaan besar - seperti OkeZone - yang mampu menayangkan iklannya di stasiun TV-nya sendiri di mana jutaan orang Indonesia langsung mengenalnya dalam waktu singkat, maka SEO tidak diperlukan.

Walau demikian, SEO akan sangat membantu menghemat biaya. Website bisnis yang ditujukan untuk mencari uang seperti friendster, menghabiskan ribuan Dollar untuk mempromosikan layanan social network pada awal kemunculannya. Sekarang, seiring dengan kepopuleran website itu sendiri, semua biaya periklanan dapat dengan significant dipangkas oleh para webmaster yang mengerahkan SEO untuk merebut posisi pertama pada pencarian search engine.

Lagi pula, kalau sudah terlanjur dikenal orang seluruh dunia, periklanan justru akan berbalik arah. Yang tadinya bayar iklan, sekarang menerima uang dari para sponsor yang memasang iklan.

Mengoptimiasi Halaman-halaman web

Agar halaman web mudah ditemukan mesin pencari, optimisasi perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kriteria indexing. Apa saja sebenarnya kriteria itu?

Konten (Isi website)
Search Engine diciptakan untuk membantu web-surfer atau pengguna agar mudah menemukan informasi di internet. Konten atau isi website itu bisa berupa artikel, media dan gambar. Jika Anda menayangkan koleksi gambar pada halaman web tanpa mengoptimisasi untuk pencarian Search Engine, mungkin yang lebih banyak ditemukan adalah halaman dari situs lain.

Jadi, walau Anda memajang gambar-gambar pegunungan, bisa jadi seseorang tidak menemukan gambar-gambar pegunungan milik Anda, tapi mendapatkannya dari situs lain yang mengoleksi gambar lebih sedikit dari Anda. Untuk membuatnya lebih baik, maka artikel diperlukan juga.

Navigasi
Halaman-halaman lain dari web Anda harus disusun dalam hirarki yang jelas dan dapat diakses dari sebuah halaman statis. Homepage dimaksudkan untuk itu. Maka halaman lain yang terpisah atau tidak memiliki tautan pada situs Anda akan mengalami masalah dalam indexing.

Kata Kunci
Mesin pencari digunakan untuk mengetikan kata kunci dan menemukan halaman yang relefan dengannya. Hal terbaik untuk menyesuaikan pencarian ini adalah menamai website, file-file halaman, file-file gambar Anda dengan kata kunci.

Jika Anda ingin ditemukan di internet dengan kata kunci selebriti internet, menamai website Anda dengan kata kunci tersebut tentu akan lebih baik. Namun itu tidak mutlak, karena isi lebih penting dari hanya sebuah nama.

Sebagai analogi, jika saya menyuruh robot mencari seseorang bernama Gatot saudaranya pak Subroto yang berprofesi sebagai tukang bakso di Jakarta, maka masuk akal sekali jika si robot itu akan melangkahkan kaki pertama sekali ke Jl. Gatot Subroto, kemudian mencari tukang bakso.

Maka dari itu, sebuah website adalah sebuah alamat. Jika Anda ingin lebih ditemukan ketimbang yang lain, sediakan informasi yang padat dan lengkap tentang diri Anda sehingga si robot akan mengantarkan pencari "Anda" dengan tepat.

Dalam kasus ini, saya telah memasukan informasi ke index robot perayap sehingga saya tidak salah menemukan diri saya di internet dengan kata kunci nama saya sendiri, yaitu widodo purnomosidi. Karena nama itu banyak yang memiliki, maka saya hanya berharap halaman website yang benar-benar tentang diri saya saja yang saya temukan.

Popularitas website
Masih menggunakan analogi pencarian orang. Di suatu kampung ada 50 orang bernama widodo purnomosidi. Namun ada satu yang pasti dikenal banyak orang, yaitu yang berprofesi sebagai selebriti internet. Sehingga ketika si robot memasuki kampung itu dan menanyakan kepada seseorang tentangnya, orang akan langsung menjunjukan di mana lokasi widodo purnomosidi - petunjuk yang mengalahkan widodo-widodo yang lain.

Anda tau maksud saya?

Sebuah website yang mengusung informasi tertentu (saya sebut keyword) di mana lebih banyak website lain yang memiliki tautan kepadanya akan membuat website itu lebih populer. Terlebih jika kontennya relefan.
Jadi, popularitas sebuah website ditentukan oleh seberapa banyak website lain yang ngelink ke website tersebut. Makin banyak makin baik, namun semakin relefan tautannya, temuan akan jauh lebih baik.

Sebagai contoh, ketika robot bertanya kepada seorang widodo purnomosidi tentang selebriti internet, orang tersebut (karena merasa bukan dirinya) akan memberitahu si robot bahwa ia mengenal orang yang dimaksud ( - dengan memiliki link ke arahnya) dan memberinya petunjuk ke arah lokasi yang benar.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar