Senin, 02 Maret 2009

Bangsa Blogger

Membayangkan dunia pada kisaran tahun 2100, di mana bumi sudah tidak lagi mampu menyediakan sumber alami untuk membuat kertas, media cetak pun akan turut menghilang dari peradaban manusia. Saya berharap, ketika hal itu terjadi, blogger masih hidup dengan layanannya sehingga tulisan ini bisa terbaca oleh anak-cucu saya...

Semakin kritisnya keadaan bumi dan teknologi yang semakin berkembang membawa pikiran saya masuk ke alam hayalan tentang masa depan, bahwa di suatu masa mesin-mesin akan menggantikan peran manusia. Persis kayak di film artificial intelligence.

Mungkin internet akan menjadi media paling murah dan efektif untuk menyebarkan informasi. Tidak ada lagi kertas-kertas, tidak ada lagi koran, majalah dan buku-buku. Semua berbentuk digital dan diakses di dunia maya.

Maka tebakan selanjutnya, ketika fungsi media cetak diambil alih oleh internet, lahirlah sekelompok manusia yang hidup untuk menulis yang dalam hayalan saya disebut bangsa blogger.

Para Blogger itu hadir dari segala penjuru dunia dari berbagai bangsa. Menceritakan tentang kebebasan berfikir dan berekspresi, menyediakan segala macam informasi hingga tidak ada lagi batasan dalam menulis. Mereka - termasuk saya - adalah jejak sejarah perkembangan teknologi internet.

Bangsa Blogger mungkin saja orang-orang yang hidup untuk menulisi blog mereka. Saya tidak tahu apa yang terjadi pada tahun 2100. Mungkin para blogger yang hidup pada masa di mana tulisan ini dibuat, sudah tidak menulis lagi. Termasuk saya. Dan saya tidak tahu akan seperti apa kehidupan blogger setelah saya sendiri tidak ada.

Meninggalkan tulisan ini di dunia maya akan mejadi kebanggaan saya tentunya. Semoga pada saat menemukan tulisan ini, Anda sadar bahwa dunia memiliki bangsa blogger yang memberikan manfaat. Saya yakin, jika 100 tahun lagi blogger masih membuat blog ini hidup, cucu-cucu dari keturunan anak-anak saya kelak akan sampai pada kisah kakek-moyangnya, yaitu seorang blogger yang senantiasa meninggalkan jejak digital.

Hal yang tidak terbantahkan oleh kita adalah, bahwa saya, Anda, dan seluruh bangsa blogger pada masa saya, kelak tidak akan menulis lagi.


Manfaat apa yang bisa Anda berikan untuk dunia selagi Anda hidup?










1 komentar:

  1. wow aku kok gak sampai mikir mpe ini ya.... bener bener banget,,, gak perlu ertas,,, cuma pc dan jaringan aja

    BalasHapus